Rabu, 09 Desember 2015

Budaya kota Ambon makanan, dan ciri khas kota Ambon


Ø  BUDAYA DAN CIRI KHAS KOTA AMBON, MALUKU TENGAH
Budaya Tempat tinggal ku AMBON, MALUKU TENGAH, Nilai Budaya Nilai-nilai sosial budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Maluku merupakan salah satu modal dasar bagi peningkatan persatuan dan kesatuan termasuk menyemangati masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini. Hubungan-hubungan kekerabatan adat dan budaya harus terus didorong sehingga dapat menciptakan sinergitas yang andal bagi upaya bersama membangun Maluku Baru di masa mendatang.
Pendukung kebudayaan di Maluku terdiri dari ratusan sub suku, yang dapat diindikasikan dari pengguna bahasa lokal yang diketahui masih aktif dipergunakan sebanyak 117 dari jumlah bahasa lokal yang pernah ada kurang lebih 130-an.Meskipun masyarakat di daerah ini mencerminkan karakteristik masyarakat yang multi kultur, tetapi pada dasarnya mempunyai kesamaan-kesamaan nilai budaya sebagai representasi kolektif.
Salah satu diantaranya adalah filosofi Siwalima yang selama ini telah melembaga sebagai world view atau cara pandang masyarakat tentang kehidupan bersama dalam kepelbagaian. Di dalam filosofi ini, terkandung berbagai pranata yang memiliki common values dan dapat ditemukan di seluruh wilayah Maluku. Sebutlah pranata budaya seperti masohi, maren, sweri, sasi, hawear, pela gandong, dan lain sebagainya. Adapun filosofi Siwalima dimaksud telah menjadi simbol identitas daerah, karena selama ini sudah dipaterikan sebagai dan menjadi logo dari Pemerintah Daerah Maluku.

Ø  MAKANAN KHAS KOTA AMBON manise ^^

 

PAPEDA DAN IKAN KUAH KUNING

Belum lengkap makan tanpa Papeda, begitulah kata orang-orang ambon, makanan yang bersal dari sagu mentah ini bernama Papeda, papeda biasanya dimakan dengan ikan kuah kuning, jangan tanya rsanya, kalo kata orang ambon “Paleng Sadap Seng Ada Lawang” yang artinya sangat enak dan tidak ada tandinganya.Papeda merupakan makanan Tradisional Propinsi Maluku,Ambon. makanan ini sudah menjadi turun temurun bagi anak cucu orang ambon, orang ambon biasanya sebelum makan nasi terlebih dahulu memakan papeda, selanjutnya baru makan nasi.


IKAN ASAP


Ikan Asap atau yang menurut bahasa AMBON Ikan Asar, merupakan makanan ikan segar yang bersumber dari hasil tangkapan lautmasyarakat setempat yang banyak di sukai, dan termasuk jenis ikan dari ikan Tongkol dan Ikan Tuna.Di kota saya , tidak sulit untuk mencari makanan ini, Anda cukup berjalan menuju kawasan Galala dan pasar PLTD akan ditemukan banyak berjejer kios pedagang yang memajang daganganya dengan berbagai jenis ikan asap dengan berbagai ukuran dan jenisnyaikan asap ini cocoknya dimakan dengan nasi dan sambal COLO-COLO,, wiihhh, mantepp banget.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar